Home » , , , , » Inilah Keajaiban Lukisan Pasir dengan Detail yang Luar Biasa Karya Y Lan

Inilah Keajaiban Lukisan Pasir dengan Detail yang Luar Biasa Karya Y Lan

Inilah Keajaiban Lukisan Pasir dengan Detail 
yang Luar Biasa Karya Y Lan


Y Lan yang memiliki nama asli Tran Thi Hoang Lan adalah seorang seniman terkenal asal Vietnam yang menciptakan "keajaiban" dengan menggunakan pasir aneka warna. Karyanya ini dikenal di seluruh Asia, bahkan di Eropa dan Amerika Utara.

Y Lan yang tidak memiliki pelatihan seni secara formal mendapatkan inspirasi untuk membuat lukisan dari susunan pasir warna-warni ini murni dari ketidaksengajaan. Pada tahun 2001, ketika mengunjungi kampung halaman suaminya di kota Phan Thiet, Y Lan melihat pasir yang membentang di pinggir pantai dan terpesona oleh kecantikannya. Ia pun mengambil 3 jenis pasir dengan warna berbeda dan menuangkannya ke dalam vas bunga transparan.
Sepulangnya dari pantai, ia menjadi terobsesi dengan keindahan pasir yang eksotis sehingga ia kembali lagi dan mengambil lebih banyak sampel pasir dengan warna yang berbeda. Y Lan kemudian berpikir apa yang harus dilakukan dengan pasir dengan warna-warni yang indah yang telah ia kumpulkan tersebut. Akhirnya, setelah beberapa lama lahirlah ide untuk membuat lukisan pasir.

Walau pada awalnya Y Lan memulai karyanya hanya dengan menggunakan 3 warna pasir, tapi setelah bertahun-tahun ia berhasil mengumpulkan lebih dari 80 pasir dengan warna yang berbeda-beda dari seluruh negeri.
Meski ia percaya bahwa dirinya telah dilahirkan dengan bakat untuk membuat lukisan pasir, ia tetap mengakui telah menghabiskan waktu selama 11 untuk melatih keahliannya serta membuatnya lebih mahir untuk membuat karya lukisan pasir menjadi lebih detil.
Y Lan menyatakan kecintaannya akan semua karya yang telah dibuatnya, tetapi lukisan potret dari susunan pasir mendapatkan perhatian lebih karena mereka membutuhkan perhatian tingkat istimewa ketika membuatnya. Satu biji pasir yang salah diletakkan bisa menyebabkan wajah yang tengah dibuat terlihat menyimpang dan bisa merusak hasil kerja yang telah dilakukan seharian. Y Lan mengklaim banyak seniman yang mungkin bisa membuat lukisan pemandangan menggunakan pasir, tetapi sangat jarang sekali yang dapat membuat lukisan potret dari pasir dengan hasil yang sempurna.

Saat ini, Y Lan telah dikenal di seluruh dunia sebagai penemu seni lukisan pasir. Dirinya juga telah mendirikan perusahaannya sendiri dan menjual karya seninya ini ke berbagai negara di dunia.



Sumber : idbite.com
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Risky Alan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger