Home » , , » Permohonan Kartu Kredit Nenek Berusia 99 Tahun Ini Ditolak Dengan Alasan Terlalu Muda

Permohonan Kartu Kredit Nenek Berusia 99 Tahun Ini Ditolak Dengan Alasan Terlalu Muda

Permohonan Kartu Kredit Nenek Berusia 99 Tahun Ini 
Ditolak Dengan Alasan Terlalu Muda


Nenek Otto hanya bisa menangis setelah permohonan kartu kredit-nya ditolak oleh bank setempat. Ia kecewa setelah diberi tahu bahwa usianya yang hampir mencapai satu abad menjadi halangan. Tapi benarkah bank menolak aplikasinya karena ia terlalu tua?

Ketika mengetahui bahwa aplikasi pengajuan kartu kreditnya ditolak, Nenek Madeleine Otto dari Tequesta, Florida, hanya bisa menangis sedih. Ia tak mengira jika usianya menjadi faktor menentukan dalam permohonan kartu kredit.

Petugas kasir memang mengatakan bahwa permohonannya ditolak karena ia sudah terlalu tua. Walaupun begitu, bahkan petugas kasir itupun tak percaya bahwa hal seperti ini dapat terjadi. "Ia datang kepada saya, memeluk saya, dan mengatakan maaf," cerita Nenek Otto.

"Saya merasa malu, saya merasa sedih," ujarnya. "Umur saya 100 tahun, (tapi) saya (masih) menyetir, melakukan segalanya seorang diri, belanja sendiri. Saya tidak seperti orang berusia 100 tahun yang biasanya."

Lalu, mari kita lihat, bagaimana sebenarnya pandangan hukum atas kasus seperti ini. Apakah usia dapat menjadi halangan seseorang untuk mengajukan permohonan kredit?

Menurut Credit.com, berdasarkan Equal Credit Opportunity Act, usia tua seharusnya tidak menjadi halangan. Pihak kreditur dilarang untuk mendiskriminasikan pemohonan atas alasan usia yang sudah terlalu tua. Bagaimanapun, pihak kreditur diperbolehkan menolak jika pemohon masih di bawah umur. Dalam kasus ini, karena kasusnya terjadi di wilayah Amerika, usia yang dimaksud adalah 17 tahun kebawah.

Jadi, apakah Bank tempat nenek Otto mengajukan permohonan itu telah melanggar ketentuan tersebut? Ya? Ternyata tidak.

Yang sebenarnya terjadi adalah adanya keteledoran pihak Bank dalam menginput data tahun kelahiran Nenek Otto. Angka yang seharusnya ditulis adalah 1912, tapi petugas hanya memasukan angka 12, yang kemudian diterjemahkan oleh komputer menjadi tahun 2012. Artinya, bagi komputer, Nenek Otto, yang Oktober ini usianya menjadi genap 100 tahun, bahkan belum lahir di dunia ketika permohonan kreditnya diajukan. Alhasil, permohonannya ditolak.

Setelah masalahnya menjadi jelas, Bank yang bersangkutan kemudian meminta maaf. "(Mereka) mengatakan usia saya terlalu muda," kata Nenek Otto. "Mereka juga mengirimkan hadiah berupa sertifikat bernilai $50."

Ada ada aja ya....
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Risky Alan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger