Home » , , , » Berpetualang Penuh Tantangan Di Sudd, Inilah Rawa Terbesar Di Dunia

Berpetualang Penuh Tantangan Di Sudd, Inilah Rawa Terbesar Di Dunia

Berpetualang Penuh Tantangan Di Sudd, 
Inilah Rawa Terbesar Di Dunia


Mungkin Anda dapat menemukan rawa di daerah sekitar pantai, danau atau sungai besar, akan tetapi hal itu tidak menarik untuk dikunjungi atau dijadikan tempat berlibur. Berbeda halnya dengan rawa terbesar di dunia, pastinya mengunjunginya menjadi sebuah petualangan penuh dengan tantangan, rawa tersebut adalah Sudd.

Sudd adalah wilayah berawa dengan hamparan luas di daerah dataran rendah di pusat Sudan Selatan, rawa ini terbentuk oleh aliran sungai Nil Putih. Daerah berawa di sini merupakan salah satu lahan basah terbesar di dunia, tepatnya terletak di lembah Sungai Nil.
 
Rawa terbesar ini ukurannya sangat bervariasi tergantung dari musim, rata-rata lebih dari 30.000 kilometer persegi, tetapi selama musim hujan karena pemasukan air yang tinggi maka Sudd meluas lebih dari 130.000 km persegi atau seluas ukuran negara Ratu Elizabeth Inggris.

Rawa Sudd ini berhubungan langsung dengan aliran utama Sungai Nil Putih, biasa disebut Sungai Al-Jabal (Gunung Nil) di tengah dan Sungai Al-Ghazal di barat. Dari Sudd mengalir sungai dengan rute aliran yang beberapa polanya berubah setiap tahunnya.
Anda dapat menemui berbagai flora dan fauna misalnya papirus, rumput air, dan eceng gondok yang tumbuh di semak-semak padat pada air dangkal. Hati-hati ada hewan ganas yang yang sering bersembunyi di sana, yaitu oleh buaya dan kuda nil.

Kadang-kadang tanaman yang ada di Sudd membentuk sebuah pulau-pulau mengambang dengan berbagai bentuk dan ukuran, ukuran terbesarnya bisa mencapai hingga 30 km panjangnya.
Di sekitar rawa Terbesar di dunia ini terdapat desa-desa kecil yang terdiri dari rumah-rumah kecil yang mengapung di air, terletak di dekat Bor, Jonglei, Sudan Selatan. | uniqpost.com
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Risky Alan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger