Home » , » Atlet Buta Korea Selatan Pecahkan Rekor Dunia Cabang Panahan Olimpiade 2012

Atlet Buta Korea Selatan Pecahkan Rekor Dunia Cabang Panahan Olimpiade 2012

Atlet Buta Korea Selatan 
Pecahkan Rekor Dunia Cabang Panahan Olimpiade 2012


Seorang atlet Korea Selatan memecahkan rekor Olimpiade cabang panah perorangan dan beregu Putra. Hebatnya sang pemanah itu diklaim secara medis mengalami kebutaan.

Seperti yang dilansir BBC, dalam babak penentuan ranking yang digelar di lapangan Lord's Cricket Ground, Im Dong-Hyun  berhasil mematahkan rekor baru di Olimpiade London 2012 dengan mengumpulkan 699 poin dari jarak sekitar 69 meter. Poin tersebut memecahkan rekor yang sebelumnya juga ia pegang sendiri di kejuaraan Turki tahun lalu, yakni 696 poin.

Hebatnya, atlet berusia 26 tahun itu merupakan seorang pengidap rabun dekat dimana pangelihatannya 10 kali lebih buruk dari orang normal dan secara medis dianggap buta.

Meski menorehkan rekor, pria yang pernah memenangi medali emas di Olimpiade Athena 2004 dan Olimpiade Beijing 2008 itu tetap bersikap rendah hati dengan mengatakan bahwa apa yang diraihnya belum berarti apa-apa karena baru memasuki babak ronde pertama. "Ini baru ronde pertama, jadi aku tak akan terlalu antusias," ujarnya.

Berkat sumbangan nilainya, tim Korea Selatan pun kini mengoleksi 2087 poin, meningkat 18 poin dari kejuaraan sebelumnya.

Hal ini tentu saja menjadi pelajaran yang bagi Indonesia karena di saat yang bersamaan, Ika Yuliana Rochmawati yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di cabang panahan baru menghasilkan 320 poin dan menempati ranking 40.
Ika Yuliana Rochmawati, atlet panahan yang mewakili Indonesia.

Mengevaluasi hasil ini, pelatih Ika, Endah Sulistyorini menyebut faktor kurangnya pengendalian emosi dan kurangnya fokus sebagai penyebab lesunya penampilan anak didiknya. Ia pun berjanji akan melatih Ika lebih intens lagi agar lebih baik.

"Kelihatannya ia terburu-buru ingin mengejar poin tinggi. Setiap anak panah terakhir selalu meleset," kata Endah seperti yang dilansir Kompas. "Akan dicoba untuk mengendalikan emosi dan lebih fokus. Selain itu, Ika juga perlu belajar melakukan bidikan dalam waktu 20 detik per anak panah."

Di babak eliminasi yang diadakan Senin (30/07/20120) esok, Ika dijadwalkan akan bertemu dengan peringkat 25, Fang Yuting dari China, yang saat ini telah mengoleksi 649 poin. Semoga sukses Ika! | memobee
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Risky Alan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger